Rasa Tidak Nyaman Menjelang Menstruasi


Pada saat menstruasi
Nyeri saat Menstruasi
Siklus menstruasi pada wanita umumnya dimulai pada saat wanita tersebut berusia antara 10 - 15 tahun. Menstruasi paling singkat terjadi selama 2 hari saja, sedangkan yang paling lama 8 hari. Pertumbuhan hormon dan peningkatan hormon seks merupakan penyebab terjadinya menstruasi pada pubertas atau remaja.

Ada sekitar 200 gejala yang berulang pada kondisi ketika mengalami siklus haid, seperti mudah marah, sakit kepala, jerawat, sedih tanpa ada sebab, mudah marah, sensitivitas yang berlebih, sulit tidur, kepekaan pada payudara, gelisah, ketegangan, putus asa, dan ketakutan.
Gejala-gejala di atas merupakan Premenstrual Syndrome (PMS). Sindrom ini bervariasi pada jumlah gejalanya dan tingkat kesakitannya. Bagi sebagian orang, PMS tidak begitu menyakitkan. Namun bagi yang lain, mungkin begitu parah sehingga membuat mereka sulit untuk melalui hari-harinya. PMS akan hilang ketika periode bulanan anda berhenti, seperti ketika anda hamil atau mengalami menopause.

Penyebab PMS belum diketahui, namun beberapa faktor mungkin terlibat. Ketidakseimbangan  hormon estrogen dan progesteron selama siklus menstruasi tampaknya menjadi penyebab penting.Terlaku banyak esterogen dan terlalu sedikitnya progesteron dapat dihubungkan dengan perubahan kimia di otak (neurotransmitter) yang mengendalikan depresi, rasa nyeri, suasana hati , dan lain-lain. 

Beberapa penyebab lainnya seperti kekurangan gizi, rendahnya vitamin dan mineral, dan gaya hidup yang kurang baik, misalnya kurang melakukan aktivitas fisik.

Beberapa Tips yang Dapat Dilakukan
  • Berolahraga secara teratur. Sebaiknya luangkan waktu anda untuk berolahraga.
  • Memperbaiki pola makan dan mengurangi rasa stres anda. Istirahatlah yang cukup agar kondisi tubuh fit sehingga mengurangi rasa stres, dan pernbaiki pola makan sehari-hari dengan mengkonsumsi asupan karbohidrat kompleks
  • Hindari rokok, makanan dan minuman yang mengandung alkohol, kefein dan juga garam karena dapat memicu PMS


Berkonsultasilah kepada dokter. hubungi dokter jika gejala PMS begitu parah, seperti rasa nyeri yang begitu menyakitkan atau rasa stres yang berat. cermatilah apabila gejala yang ditimbulkan berkepanjangan.

Categories:

Leave a Reply