Manfaat Brokoli

brokoli
Brokoli Penuh Manfaat


Brokoli mengandung fitokimia penting dan antioksidan yang mampu melawan penyakit dan infeksi. Hasil penelitian Journal Arteriosclerosis Thrombosis and Vascular Biology mengklaim bahwa brokoli efektif mencegah serangan jantung dan stroke. Yang harus kita tau bahwa brokoli memiliki produksi kesehatan yang sangat besar buat manusia, kira-kira 3 gram protein untuk satu porsinya, serta 4 persen besi, dan 35 persen vitamin C. Selain itu, brokoli disebut makanan superhijau karena kadar lemaknya hanya 30 kalori per porsi. Jadi brokoli sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk kesehatan. Manfaat dari brokoli yang memiliki nama latin brassica oleracea var italica adalah sebagai berikut :

Anti penuaan
Brokoli memiliki sifat anti penuaan yang dapat membalikkan efek dari proses penuaan. Hal ini baik untuk menjaga kecantikan terutama pada wanita. 

Meningkatkan daya kerja otak
Peneliti dari Royal Pharmaceutical Society membuktikan bahwa brokoli mengandung senyawa yang mirip dengan obat-obatan penyakit Alzheimer. Alzheimer adalah bentuk dementia (berkurangnya ingatan) yang paling umum dijumpai di kalangan orang tua yang disebabkan oleh enzim acetylcholinesterase. Brokoli dianggap memiliki sifat anti-acetylcholinesterase paling kuat. Brokoli berkhasiat untuk menguatkan ingatan, sehingga sayuran itu digunakan untuk mencegah dan merawat penderita Alzheimer. Mengkonsumsi brokoli dalam jangka panjang dapat mengurangi penurunan kadar acetylcholine di sistem saraf pusatnya.

Menjaga agar penglihatan tetap sehat
Penelitian telah menunjukkan bahwa beta-karoten yang terdapat dalam brokoli bisa melindungi mata terhadap degenerasi makula dan mencegah katarak.

Sumber kaya vitamin kaempferol yang disebut flavonoid
Brokoli mengandung Kaempferol yang bermanfaat untuk mengurangi dampak zat alergi pada tubuh kita.

Membantu mengontrol diabetes
Brokoli kaya kromium, yang dikenal untuk membantu mengatur insulin dan mengontrol diabetes.

Memperkuat tulang dan Mencegah osteoporosis
Karena kaya akan kalsium, magnesium seng, dan fosfor, brokoli membantu memelihara kekuatan tulang dan menjaga tulang tetap kuat. Mengkonsumsi brokoli sangat bermanfaat bagi para wanita tua dan hamil, karena  lebih rentan terhadap osteoporosis.





Categories: ,

Leave a Reply