Petak Umpet Permainan yang Seru

Permainan Petak umpet yang sedang dimainkan
Petak umpet merupakan permainan yang di- lakukan oleh dua orang atau lebih, semakin banyak orang yang mengikuti permainan ini semakin menyenangkan.


Permainan ini diawali dengan Hompimpa atau sebuah awalan untuk mementukan siapa yang menjadi "Penjaga" (penjaga mempunyai peran untuk mencari teman-temannya yang bersembunyi) dalam putaran pertama permainan ini. Biasanya si Penjaga akan mengitung sampai hitungan ke sepuluh untuk memberi kesempatan bagi pemain mencara tempat teraman agar tidak dapat ditemukan.

Biasanya si Penjaga akan menghadap ke sebuah pohon atau tembok, media tersebut digunakan agar Penjaga tidak mengetahui kemana saja Pemain bersembunyi, tempat jaga ini memiliki sebutan yang berbeda di setiap daerah, contohnya di beberapa daerah di Jakarta ada yang menyebutnya INGLO, di daerah lain menyebutnya BON dan ada juga yang menamainya  HONG.

Setelah itu Penjaga akan mencari si Pemain yang sedang bersembunyi, apabila Penjaga menemukan teman-temannya itu, ia akan lari sambil menyebut nama temannya yang ditemukan menuju Bon ataupun Inglo.Tetapi, jika ada temannya yang mengendap-endap untuk menyentuh Bon dan berhasil menyentunya, maka teman-teman yang sebelumnya ditemukan akan dibebaskan. Dan apabila ia hanya berteriak menyebutkan nama tanpa menyentuh Bon mereka akan mengulang permainan lagi dengan Penjaga yang tetap. Permainan selesai setelah semua teman ditemukan. Dan yang pertama ditemukanlah yang menjadi Penjaga berikutnya.

Namun jika si Penjaga berhasil atau sukses menemukan semua temannya (pemain), Pemain akan berjajar di belakang Penjaga, karena ia akan menyebutkan urutan teman yang ada di belakangnya. Dan jika salah satunya urutan dimiliki oleh si "A" maka si A tersebutlah yang jadi penjaga berikutnya.


Selamat mencoba permainannya :)
Pasti asyik dan menyenangkan :) :)




Categories:

Leave a Reply